Senin, 13 September 2010

Macam-macam Narkoba dan Bahayanya

Kata Narkoba tentu sudah tak asing di telinga kita bahkan kebanyakan pelajar tidak hanya mengenalnya saja tapi juga memakainya. Narkoba tersebut bermula dari Samaria sebagai sari bunga opion yang kemudian dikenal opium (candu= papavor somniferitum). Selanjutnya bunga ini menyebar hingga India,Cina dan wilayah-wilayah Asia lainnya. Semakin majunya teknologi pada tahun 1806 dokter dari Westphalia bernama Friedrich Wilhelim sertuner mencampurkan candu dengan amoniak yang diberi nama morphin. Selanjutnya Morphin oleh Alder Wright dari London direbus bersama asam anhidrat (cairan asam yang ada pada sejenis jamur) yang diberi nama Heroin.

Narkoba yang cepat beredar di masyarakat antara lain Ecstasy, Shabu-shabu ,Putauw, Ganja,dan pil Koplo. Ke 5 obat-obatan tersebut mempunyai dampak yang berbeda-beda bagi tumbuh. Tapi yang jelas dari ke 5 narkoba itu merusak organ tubuh.

Tadi saya sebutkan yang pertama yaitu Ecstasy yang digunakan dlm bentuk kapsul, dikunyah,ataupun ditelan dg air mineral. Harganya sangat mahal maka hanya untuk golongan menengah keatas. Reaksi setelah memakai Ecstasy ialah rasa ingin tertawa (gembira),muka pucat,mata sayup,over akting. Setelah dikonsumsi terus menerus Ecstasy berakibat merusak saraf terutama saraf mata,merusak otak,dan tulang gigi keropos. Sedangkan Shabu2 yang berbentuk bubuk sangat mudah didpt dg harga 1 gr Rp 200.000,- jenis blue sky yang mahal 1 gr Rp 500.000,- untuk 8 orang.biasanya dipakai 2 kali seminggu. Reaksi setelah mengkonsumsi ialah kuat tidak makan dan tidur berhari2,rasa haus bertambah,gairah seks meningkat,selalu ingin menambah shabu2. Sesuai hasil penelitian ternyata shabu2 dapat membentuk kristal mengakibatkan paru2 mengkeras dan tak dapat berfungsi lagi sehingga sering mengeluh sesak napas yang tentunya berujung kematian,selain itu shabu2 jg berakibat tekanan darah meningkat, pendarahan otak,dan gangguan irama detak jantung.

Kebanyakkan pengguna putauw adalah remaja karena cocok untuk kantong remaja. Sehingga disebut Paket hemat dengan harga Rp25.000,00. cara penggunaan ialah diisap secara bersama sama oleh kelompok. Padahal dg diisap dapat mengakibatkan hidung berdarah atau ingusan. setelah hidung tersumbat biasanya pecandu menggunakan suntikan,cara ini berbahaya karena bisa terjadi keracunan waktu darah dikeluarkan dan dikocok bercampur putauw. Dapat terjadi emboli ialah kemasukan udara dan menyumbat jantung shg jantung berhenti berdetak. Putauw menuntut dosis yang lebih banyak biasanya berkelipatan 2, misalnya 1 suntik,2suntik,4 suntikan dan selanjutnya. Reaksi setelah mengkonsumsi putauw ialah berkhayal,hidung gatal,tidak dapat berkonsentrasi,dan mengantuk.

Ganja berbentuk daun2an kering dalam amplop yang berukuran 25 x15 cm. Harganya Rp10.000,-.akibat pengguanaan ganja ialah pendengaran berkurang,infeksi paru2,kemampuan membaca berkurang bahkan yang lebih parah ialah skizofrenia atau kegilaan dikalangan orang yang jiwanya labil. Akibat yang lebih lanjut ialah koma. Pil koplo mudah didapat sealin itu jg sangat mudah dapat dijangkau oleh lapisan masyarakt. Harganya Rp 10.000,- setiap 10 biji. Macam2 pil koplo antara lain lezotan,magadon,nipam. Reaksi pemakaian ialah berbicara terus dan jadi berani. Akibat mengkonsumsi pil koplo ialah ketergantungan,kerusakan otak dan syaraf,bersikap kasar dan kemauan berkelahi.

Semoga dengan Bimbingan Narkoba Untuk Pelajar dapat bermanfaat. Sebagai generasi muda kita harus menghindari obat2 terlarang tersebut untuk menunjukan prestasi. Kita mempunyai moto Prestasi YES Narkoba No.

Tidak ada komentar: